PETA PERSEBARAN UMKM DESA SINGOSAREN

Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan sektor industri yang dapat diandalkan sebagai indikator dalam stabilitas perekenomian baik di tingkat lokal ataupun daerah. Fungsi UMKM sendiri selain sebagai roda bisnis tetapi juga sebagai pemberdayaan masyarakat pada umumnya. Pada survei UMKM kuliner kali ini saya memfokuskan pada Desa Singosaren, Sarirejo I dan Sarirejo II yang sebagian besar UMKM yang di dominasi lebih banyak pada bidang kuliner. Salah satu upaya dukungan dalam mengembangkan perekonomian indonesia dalam bidang UMKM Kuliner yaitu dengan memanfaatkan teknologi pemetaan. Pemetaan ini nantinya akan menjadi data dan informasi mengenai keberadaan UMKM yang ada di wilayah Sarirejo I (RT 2, RT 3, RT 4) dan Sarirejo II pada (RT, 5 RT, 6 RT 7) dan akan mempermudah dalam pendataan UMKM.

Why Choose a culinary ?

Salah satu UMKM yang mempunyai peran sangat penting dalam perekonomian Indonesia yaitu UMKM kuliner. Menurut artikel presidenri.go.id terdapat 56 juta pelaku UMKM dan 70% diantaranya UMKM kuliner. UMKM kuliner ini berpotensi menjadi penggerak perokonomian Indonesia. UMKM kuliner mempunyai peran penting dalam perekonomian karena UMKM kuliner ini dapat mengatasi pengangguran. UMKM kuliner merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati. UMKM kuliner terus berkembang pesat seiring permintaan konsumen yang terus bertambah dan kebutuhan konsumen yang beraneka ragam. UMKM dibidang kuliner tidak dapat dipandang sebelah mata karena perkembangan dan potensi kedepan yang dimiliki sangatlah besar. Seperti yang dilansir di SWA1 dalam wawancaranya bersama Menteri Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Puspayoga menilai sektor kuliner punya potensi jadi salah satu penyumbang terbesar pendapatan nasional dari bidang ekonomi kreatif. Bahkan lebih dari pada itu Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata M Ahman Sya menyatakan bahwa "kuliner Indonesia menyumbang pendapatan sebanyak Rp 200 triliun, lebih besar dari sektor fashion dan bisnis kerajinan tangan."


Tujuan
Dalam pembuatan peta persebaran UMKM Kuliner di Desa singosaren memiliki tujuan yang bisa menjadi acuan dan kegunaan dalam pengembangan ekonomi Desa Singosaren.
1. Mengetahui jumlah UMKM Kuliner sebagai pendataan di wilayah Singosaren I dan II
2. Mengetahui lokasi UMKM Kuliner di wilayah Singosaren I dan II
3. Mempermudah pemantauan dan pemberdayaan UMKM

PETA PERSEBARAN UMKM KULINER DESA SINGOSAREN

TERIMAKASIH

Komentar

Postingan populer dari blog ini

USBL & LBL Survei Hidrografi

PETA KESEHATAN GIZI BALITA DESA SINGOSAREN DUKUH 1 & 2